Review of Elska #1

Elska #1

 elska #1 cover

Writer and artist: DimasVloek

Language: English

Format: black and white

Satu lagi komik indie karya anak dalam negeri yang berkisah tentang kejadian yang menegangkan di sebuah galaksi yang sangat jauh, tentang bagaimana perjuangan para warrior planet elska yang harus berjuang mempertahankan eksistensi planet, ratu serta seluruh penghuni planet elska dari ancaman yang diberikan oleh sekelompok kakak-beradik yang menyebut diri mereka “zerstorer”. Anggota zerstorer sendiri adalah tiga kakak-beradik dengan power yang extraordinary dan berniat menguasai seluruh galaxy dengan cara menginvasi sekaligus menghancurkan peradaban suatu planet.

Planet elska yang juga menjadi judul dari komik ini adalah satu planet yang luput dari invasi mereka dan akhirnya mereka memutuskan untuk menginvasi planet terakhir di system tata surya galaksi tersebut. Dan langkah mereka untuk menghancurkan planet itu bakal terhambat oleh tiga gadis yang juga merupakan elite warrior planet elska yang menyebut diri mereka “trei flori”. Pertarungan sengit antara zerstorer dan trei flori pun tak bisa terelakan!

Bagi kalian yang sudah familiar dengan art dari dimasvloek maka kalian juga tidak bakal merasa asing dengan gambar di komik ini. Komik ini memadukan fiksi antara setting hi-tech yang dicampur dengan nuansa might and magic. Story yang disajikan juga cukup ringan dimana sebagian isi komik yang didominasi oleh adegan pertarungan dengan tidak mengesampingkan dialog antar karakter yang membangun image pengenalan untuk pembaca pada komik ini.

Nuansa RPG (Role playing game) juga dimunculkan oleh dimasvloek dengan bentuk lingkungan setting utama planet elska yang berupa kastil lengkap bersama penjaga dan Ratu, armor dan senjata yang dipakai oleh karakter, dan juga skills dan spell tiap karakter dimana setiap karakter mempunyai aspek yang ditonjolkan baik dari segi cara bertarung maupun support untuk team.

Alur pertarungan di buku ini sekilas mengingatkan saya kepada pertarungan semacam serial saint saiya atau serial dragon ball yang menyajikan pertarungan antar kelompok dan selalu ada salah satu yang paling kuat diantara kelompok dan warrior yang paling lemah dalam kelompok biasanya tumbang duluan lalu digantikan oleh yang lain :p

Tanpa menambah spoiler, Yang perlu digaris bawahi untuk komik ini adalah minimnya art untuk latar belakang lingkungan sekitar di setiap adegan. Dan juga mungkin pembaca akan kesulitan menghafal nama karakter di komik ini, karena minimnya informasi yang diberikan. Saya pribadi sebenarnya berharap agar cerita di komik ini lebih dikembangkan lagi, terutama masalah pengenalan setting planet elska, tipe-tipe warrior dan jurusnya dan juga pengenalan karakter-karakter utama. Terlepas dari semua itu saya sangat suka dengan art untuk para wanita yang digambarkan elegan dan cukup detil di komik ini dan juga kesan para warrior di komik ini yang mempunyai status point  dan jurus berbeda sesuai dengan keahlian mereka. efek Sfx yang diberikan pada komik ini pada tiap adegan juga sangat bagus, sehingga mempertegas alur cerita komik ini yang mengedepankan actions. Dan yang terakhir adalah bagian bonus halaman yang digambar dengan sangat epic oleh dimasvloek.

Overall banyak yang harus dibenahi di komik ini untuk seri-seri yang akan datang, namun komik ini sudah banyak memiliki sisi plus yang bisa membuat komik ini memiliki potensi dan dapat diterima oleh kalangan pembaca komik di Indonesia (by: hendikgila)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: