Yogyakarta flash-holiday trip!

Bagus hendy Journal, Saturday-Sunday (29-30 december 2012)

At this time, I will write a journal from my trip to Yogyakarta

Pada hari sabtu pagi saya bersiap menuju Yogyakarta untuk meet up dengan dua teman saya. Well sebenarnya ini adalah perjalanan yang lumayan nekat, soalnya saya memutuskan pergi sendirian dengan dana yang tidak jelas.

Rute dari Bojonegoro ke Yogyakarta:

Bojonegoro -> ngawi (naek bus kecil creepy dan melintasi hutan serta jurang, idr15k)

Ngawi -> solo (karena saat itu saya gak dapet bus ngawi-jogja, tarifnya lupa … maaf)

Solo -> jogja (economy bus, idr8k)

PS: 1. solo bus station is one of the best bus station I’ve visited in non-super metropolis area

2. The economy bus from solo to jogja is suck, because I think there are no regulation about maximum passengers, and that so dangerous to take a trip with over-passenger

Well, that’s for route … then I will write some notes about my trip

• Begitu turun di terminal Yogyakarta, saya bingung mau kemana setelah itu. Karena saya nggak hafal jalan dan rute kota Yogyakarta. Dan pusat informasi di terminal amat sangat membantu untuk mengetahui info seperti rute,lokasi, dan lain sebagainya
  • Untuk opsi backpacker kita bisa memilih 3 alternatif kendaraan:
  1. Ojek: selain karena kita bisa deal dengan si tukang ojek untuk cheap costs , ojek juga bebas macet dan bisa masuk jalan-jalan alternative. Mengingat saat itu jogja sedang padat karena libur tahun baru
  2. Bus kota: banyak alternative rute untuk setiap tipe bus kota, bus kota jogja dibedakan rutenya berdasar nomor bus. Keuntunganya adalah bisa sampai ke tempat tujuan tanpa harus oper kendaraan lain
  3. Trans Jogja: this is an AWESOME public transportation. Selain murah (Cuma idr3k) , fasilitas nyaman (AC, cukup aman, tidak ada pengamen/pedagang liar) ,rute yang ditawarkan juga jelas. Tapi mungkin untuk mencapai suatu lokasi, kita memerlukan oper bus di beberapa halte trans jogja dan agak memakan waktu. Ps: pastikan bertanya pada petugas bus masalah tujuan, halte yang dituju untuk sampe tujuan tersebut, dan bus mana yang harus dinaiki dan oper untuk sampai kesana
  • Di hari pertama saya datang ke festival komik, I got a lot excitement there (nothing important should be noted here) . serta sedikit petualangan malam (dibaca kesasar) di kota jogja
  • Di hari kedua, saya mengunjungi keraton kota Yogyakarta. Dengan harga tiket masuk idr5k dan extra 1k untuk membawa kamera, sayapun berwisata dengan tema historical di dalam keraton Yogyakarta. Disana banyak benda-benda historic dan bangunan-bangunan yang masih asli dari zaman kekeratonan jogja
  • Pergi ke jogja tidak lengkap kalo tidak bejalan-jalan di sekitaran malioboro. Suasana jogja, terutama di kawasan tugu,km0,malioboro sangat asyik untuk pejalan kaki. Untuk kalian yang mungkin capek/malas berjalan kaki; ada alternative berupa kendaraan yang murah seperti becak/andong (kalau beramai-ramai)
  • Malioboro sangat padat, baik pejalan kaki maupun kendaraan. Sebenarnya saya melintasi malioboro untuk bertemu teman yang menunggu di daerah stasiun tugu yang berada di sudut malioboro. The things I should noted here: saya tidak menulis notes soal belanja di malioboro, soalnya saya tidak shoppa-holic :p . namun saya Cuma berbagi pengalaman bila kalian kehabisan baterai handphone atau mencari tempat berteduh di saat hujan. Saya sarankan anda pergi ke indomart pojokan malioboro (± beberapa ratus meter dari perempatan stasiun tugu) . disana selain ada colokan listrik, juga tersedia berbagai minuman yang self-services seperti kopi atau soda. Di sana tersedia juga free wifi, televisi dan ada toiletnya juga. Bukan sebagai promosi, tapi saya sempat terjebak hujan di malioboro. Jadi daripada nganggur saya masuk indomart, charge handphone sambil nonton TV hehehe ^^v
  • Untuk makan, karena saya hari pertama numpang di sodara teman makanya saya dapat sarapan gudeg gratis (hehehe ^^v) namun saat hari kedua, saya makan di rumah makan Raminten yang terletak di Jl. FM Noto 7, Kotabaru . awalnya saya amazed, soalnya yang makan di sana rame banget. So kita harus pesen tempat dulu dan menunggu di tempat tunggu yang disediakan sambil menonton tv kabel. Soal menu yang disajikan ada beragam. Namun saya memilih untuk makan sego kucing, karena jogja memang terkenal dengan angkringan/kucingan sebagai salah satu pilihan tempat makan. Berbagai lauk khas angkringan juga disediakan, serta beberapa menu lain yang cukup unik. Untuk testimoni? Well, saya pribadi puas makan disitu. Selain hidanganya lezat, harga yang diberikan juga hemat untuk para backpacker.
  • Yang terakhir, SELALU bertanya kepada orang lain jika anda tersesat, bingung mencari lokasi/transportasi, bingung soal tariff. That’s will help you so fucking much