Bubur ayam dan sebuah doa

Kupandangi layar handphone yang sedang kugenggam. waktu menunjukan pukul 5 sore, aku berada di daerah sekitar kampus, dan gerimis sudah turun sejak beberapa jam yang lalu, membuat lingkungan sekitar basah oleh air yang turun dari langit. “ndik, makan yuk?” ajakan terlontar dari teman sekelasku, teman akrab. “yaudah, enaknya makan apa hujan-hujan gini?” tanyaku. “makan bubur ayam aja anget, gimana?”. Setuju dengan ide temanku, akupun beranjak dari tempatku berdiri, “sounds like a plan, yuk!”. Dan kita berdua segera menuju tempat bubur ayam langganan kami

Setibanya ke tempat bubur ayam langganan, aku segera memesan dua bubur ayam special dan dua jeruk hangat. Ketika tiba-tiba mataku menyadari ada dua pemuda lain yang juga hendak menikmati bubur ayam ditengah dinginya senja bercampur gerimis di kota malang ini. Cina, kata tersebut terlintas di pikiranku. Aku tidak tipe seseorang yang rasis, maka aku segera memikirkan hal lain. Duduk di sebelah temanku, dan mulai mengobrol ringan tentang kehidupan kuliah.

Pesananku dan dua pemuda yang duduk tepat dibelakangku ternyata sudah sama-sama tersaji. Dan tanpa komando kita berempat pun siap-siap menyantap bubur ayam kami masing-masing … sampai telingaku tanpa sengaja mendengar lantunan doa: “tuhan yesus, makanan yang sekarang tersaji di hadapan kami adalah karunia dari-mu. Terima kasih telah memberikan berkah ini kepada kami tuhan yesus, semoga kami termasuk orang-orang yang bersyukur”

Aku melirik ke arah mereka, keduanya berdoa dengan khusyuk sambil mendekapkan tangan ke dada. Seusai berdoa merekapun melanjutkan obrolan mereka sambil makan, aku masih terbengong sampai tersadar karena suara disampingku … “hey kenapa enggak dimakan tuh bubur kamu?”, temanku di sebelahku menegurku. Aku tersenyum sambil mengambil sendok dan garpu lalu mengaduk-aduk bubur ayamku. lalu aku bergumam “Bismillahirahmanirahim” ,  aku mulai menikmati bubur ayamku.

Leave a Reply

