satu april, sob

url

Hari ini tanggal 1 april dan Masih pagi. Mungkin sesuatu yang spesial hari ini adalah UTS filsafat saya yang terselesaikan kurang dari 20 menit. Bahkan saya masih belum berfikir apa kejadian menarik lain yg akan terjadi hari ini

Dan tentu saja, pagi ini timeline twitter ramai membicarakan april mop. Dan pihak-pihak yang pro dan kontra sepertinya mulai bermanuver pagi ini dengan idealis dan ilmu ilmu yang telah mereka peroleh

Beberapa (dan saya sadar ini telah menjadi khotbah tahunan) menjelaskan bilamana april mop adalah penanaman ide baru untuk menjajah (ehm,lagi-lagi) agama islam. Dimana sesungguhnya april mop dirayakan sebagai perayaan (yang katanya,saya juga kurang begitu tau) memperingati suatu kejadian di tanggal 1 april tentang peristiwa “kebodohan” umat islam pada tahun tersebut. Jadi bisa dibilang, merayakan april mop berarti ikut merayakan “kebodohan” tersebut setiap tahun

Sedang pihak yang bukan pro sih tapi rada-rada empiris dan berpikiran positif?. Dengan santai mereka bilang “yaelah cuma mau having fun aja kenapa jadi hal serius sih?, sampai menyangkutkan dosa”. Dan saya tau perasaan mereka, membahas khotbah yang mungkin keluar terus setiap tahun. Dan ini twitter, orang bisa bebas bersuara semau mereka

Jadi bagaimana pendapat saya?, saya sendiri menganggap agama dan iman adalah sesuatu yang sensitif. Pada dasarnya kita banyak yang kurang ilmu dan pemahaman tentang agama kita sendiri. Namun saya juga bukan orang yang semudah itu dicuci otak dengan hal-hal yang dianggap tabu ataupun kontroversial.

Anggap saja fenomena simbol segitiga, mata satu ataupun angka 666?!, fuck yourself with that. They didn’t affect on my personal life even just a bit. You guys become more afraid and critic with those simbols. That will make them looks more important than nothing. Nggak usah jauh-jauh begituan deh, apakah kalian juga prohibit perayaan ulang tahun atau anniversary ama pacar kamu?, atau apa kamu bisa jelaskan fenomena #wish yang selalu ada setiap awal bulan di social media? … Ehehehe just say, don’t be mad🙂

Balik tentang april mop?. Apa kalian juga menganggap saya secara terang-terangan bakal merayakan “kebodohan” kaum agama saya (jika memang itu benar) apalagi di muka umum?. Harusnya kadar iman dan agama seseorang semakin dewasa akan semakin dewasa juga dan bisa memilah mana yang baik dan buruk. Saya hanya mengkritisi tentang “april mop dan sebuah kesenangan bisa bercanda dan tertawa” tanpa ada niatan sekalipun merayakan sesuatu. Balik lagi kan semua perbuatan itu dosa atau tidak bukan kamu yang mengatur tapi Tuhan, dan semua perbuatan itu tergantung niatnya, bukan?

Saya enggak terlalu skeptis tentang “dilarang ini dilarang itu” oleh islam. Saya juga mendapat pencerahan tentang tidak baik mengucapkan selamat untuk hari raya agama lain, sebab dengan mengucap selamat kita secara tidak langsung mengakui kebenaran dari hari raya dan peristiwa yang dirayakan tersebut. Dan Alhamdulillah saya lebih baik diam dan tidak mengatakan apapun di hari raya agama lain tanpa merusak garis-garis toleransi seperti mengganggu ibadah agama lain. Tapi sekali lagi, toleransi beragama merupakan sesuatu yang sensitif di Negara ini. Negara yang menjunjung pluralisme namun masih carut marut untuk urusan kedamaian menjalankan keyakinan masing-masing.

Jadi apa itu april mop?

April mop saja bukan sebuah hari libur nasional dan bukan perayaan agama tertentu. Bukanya saya menganjurkan untuk peduli setan terhadap pro dan kontra ini, saya cuma menggaris bawahi apa guna diciptakan akal sehat dan iman jika masih tidak bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk

Jika anda dikerjai seseorang di hari ini, tersenyumlah dan ceriakan hari anda … Agama kalian tidak bodoh dan anda tidak merayakan kebodohan itu

2 responses

  1. typo tuh
    prularisme :p

    1. haha, trims udah check🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: