#EDF2013 journal (yogyakarta)

Preface

 

Sebelum saya ke inti post, mungkin saya akan memberikan sedikit info tentang skema backpacker. Bila anda berangkat dari surabaya, saya sarankan naik bus eka cepat (terminal bungurasih). Dengan tarif 68k anda sudah mendapat fasilitas eksekutif seperti AC, seat dua-dua, plus makan sekali di depot makanan gratis. Dan juga bus ini bus patas, jadi tidak berhenti di sembarang terminal serta tidak ada pengamen/pedagang yg masuk sembarangan (sangat nyaman)

 

Untuk transportasi, anda bisa memakai trans jogja (as usual, 3k for any distances) dan kendaraan umum lainya. Untuk menginap anda bisa mencari penginapan di sekitaran malioboro. Disini saya menyarankan penginapan di jalan sosrokusuman (gang sebelah mal malioboro). Dan saya menginap di hotel WHW untuk 3 anak. Per malamnya 90k (30k per anak kalo dibagi) cukup murah bukan menginap dengan biaya 30k/malam?🙂

 

Untuk makanan, tak usah cemas … Banyak tempat makan murah seperti angkringan/burjo di daerah jogja :p

 

Worst show (from my point of view)

 

Ok, saya tidak menulis field report experience yang bertele-tele saya langsung ke bagaimana show jkt48 di UNY acara earthday 2013.

 

Ticketing cukup tertib walau masih belum terhindar dari calo. Tapi gate masuknya SANGAT tidak tertib dimana penonton festival saling berdesakan tanpa aturan berebut untuk masuk duluan. Diperparah oleh fans yang merokok dalam antrian dan saling dorong.

 

Suasana stage sangat megah, panggung di tengah GOR, layar2 yang terpasang di depan tribun, disertai penataan penonton yang tidak terlalu padat naamun memenuhi tempat yg disediakan sehingga membuat suasana epik, bila sebagian teringat akan tokyo dome … Mungkin ada benarnya juga

 

Setelah masuk saya dan teman2 kebetulan mendapat row depan festival. Untuk band pembuka saka dan rookie boom (yg mungkin sudah familiar di kalangan fans jkt48) para penonton duduk rapi sambil chanting mix dengan teratur, saya mulai berfikiran positif untuk acara ini

 

Oh iya, fans regional jogja sebagian besar mengisi tribun jadi di festival rata-rata berisi fans regional luar kota dan mereka bakal jadi sumber masalah yg saya tulis di postingan ini

 

Saat band pembuka naik di atas panggung saya sudah merasa sedikit tidak nyaman dengan penonton festival yang tidak tertib seperti meneriakan bintang tamu untuk turun ke panggung disertai kata-kata kotor. Puncaknya saat overture jkt48 dimulai, para fans ini saling berdesakan tak beraturan ke arah panggung, disertai orang-orang yang ingin merekam/memotret untuk dokumentasi mereka pribadi … Wait,

 

Fans jkt48, bila kalian memikirkan kata ini mungkin yang kalian pikirkan adalah sekelompok remaja pria dengan dandanan aneh serta jalan pemikiran delusional. Dan YA mereka yang berbuat ulah di show ini sebagian besar adalah fans dengan umur yang masih bau pesing (SMA/SMP) dengan photopack dikalungkan, kaos merah dengan design 48, atribut2 yang mereka kira sangat keren seperti topeng-masker-peralatan cosplay dll. And?

 

FUCK!, fans2 ini yang saya curigai besar berasal dari luar yogya sangat membuat show ini tidak nyaman. Row depan dipenuhi desak-desakan yang membabi buta, aksi dorong2an dan juga oknum2 yang ingin merangsek ke depan panggung dengan cara berdusalan diantara penonton. Belum lagi kertas2, lightstick, dan handphone mereka yang di acungkan tidak pada tempatnya (menghalangi pandangan saat lagu dinyanyikan). Karena jengkel saya berusaha mencari oknum dibalik aksi dorong2an ini, dan apa? Ternyata cuma anak kecil dengan atribut48 kebanggaanya yang sok rusuh dengan dorong2. Ketika ditegur, diumpat dan diancam. Dia cuma bisa bilang “bukan aku mas, tadi disebelahku yang dorong-dorong” dengan nada BANCI, padahal sudah jelas dia yang berbuat salah

 

Member call yang terlalu ribut serta kata-kata tidak penting seperti “eh stella cantik banget” “eh ve manis, mau nggak jadi pacarku” SANGAT mengganggu sesi MC dan yah tidak ada perkenalan member dan juga games yang mereka bawakan menjadi GARING gara2 suara riuh yang tidak bisa ditertibkan, so fuck

 

Belum lagi koordinasi yang tidak terkonsep seperti “WOY yang depan duduk aja biar yang belakang kelihatan” sementara ketika penonton yang didepan duduk dan tidak bisa melihat apa-apa yang diatas panggung, oknum2 fanbase kurang kerjaan ini maju dari barisan sambil memanfaatkan kesempatan. Dan apa yang lebih parah? Jika barisan depan ada yang berdiri karena tidak terlihat panggung, oknum-oknum ini akan melakukan kekerasan fisik lalu sembunyi tangan. Well

 

NONTON JKT48 DI FESTIVAL FEST DENGAN DUDUK MANIS? KAMU PIKIR NONTON THEATER? ATO NONTON WAYANG GITU?

 

BITCH PLEASE, THAT’S THE IDIOTIC IDEAS I EVER SEENS UNTIL NOW

 

Konsep acara yang sangat bagus, tempat yang megah, panggung yang gemerlap, efek-efek yang keren seperti kembang api dan balon, bahkan ENCORE … Yah ini pertama kalinya saya melihat konsep meminta lagu encore jkt48 selain di theater

 

Semua itu? SIA-SIA dan rusak gara-gara ulah orang-orang ini. Bila kamu bertemu idolamu, apakah kalian tidak bisa menahan rasa barbar yang jadi budaya kalian? Lebih respect ke entertainer dengan tidak berteriak bising apalagi saat mereka sedang butuh kesempatan untuk bicara?, seperti orang liar yang tidak pernah bertemu cewek-cewek cantik? Yup, that’s is you

 

Jujur sih, saya baru dua kali menghadiri event live jkt48 namun?

 

Di event batu malang yang GRATIS dan semua kalangan boleh masuk saja tidak ada acara teriak2 meminta turun bintang tamu lain, senggol-senggolan, mengganggu fans lain secara fisik, tidak menghargai sesi MC, bahkan yang berfoto/fancam hasilnya bagus tanpa ada gangguan saling dorong tangan-tangan tidak bertanggung jawab, banner tulisan untuk member juga dikeluarkan saat waktunya tepat sehingga tidak mengganggu penonton yang lain.

 

Ini? WORST kenapa?

Mungkin kurangnya koordinasi kepada fans-fans regional “abal-abal dan liar” sehingga mengakibatkan para fans bau pesing ini berteriak sesuka mulutnya tanpa peduli etika serta tidak tertib

 

Fans dungu yang hanya sok-sok keren ikut regional tanpa ada inisiatif untuk menertibkan diri sendiri dan komunitasnya

 

Serta KURANGNYA pihak security di area festival, seharusnya bisa segera menindak lanjuti oknum yang rusuh (dorong-dorongan) dan juga berbuat sesuatu yang mengganggu penonton lain seperti mengamankan mereka/yang ekstrim sedikit seperti mengeluarkan mereka dari show agar mereka jera

 

Alhasil saya tidak begitu menikmati lagu2 mereka malam itu, saya tidak bisa mendengarkan mereka pada sesi MC, dan di acara itu sangat terasa perbedaan diantara show-show sebelumnya yang saya jumpai … Member terlihat ingin cepat menyelesaikan acara (biasanya setelah lagu ada jeda untuk mengobrol sedikit dan contact dengan penonton) no eye contact and other else karena sibuk berdesakan, teriakan “boo” dan kata-kata kotor saat MC naik ke panggung bersama jkt48 ataupun saat pengumuman hadiah event dance competition and any other shitty things

 

At least, saya masih bisa berkumpul dengan teman-teman fans meski saya luar kota, masih bisa melihat wajah ceria member favorit saya. Itu sudah menjadi kesenangan batin untuk saya sendiri diantara pengalaman-pengalaman busuk yang saya alami malam itu

 

Apa gunanya saya menulis ini?

Saya tidak ingin menjelekan oknum/kelompok tertentu, tapi saya ingin hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi di acara jkt48 selanjutnya untuk itu saya berbagi pengalaman dan keluh kesah saya akan ulah fans-fans brutal yang terus terang saya sangat emosi kepada mereka yang merusak kesenangan di malam itu.

 

Mungkin para pengurus regional dan pihak pembuat acara yang ingin menampilkan jkt48 bisa sedikit mendapat referensi dari tulisan saya in agar mengatur penonton supaya lebih tertib dan show yang berjalan dengan baik … Meski manusia juga jelas tidak pernah melakukan sesuatu yang sempurna.

 

But at least, setidaknya banyak juga yang menikmati show semalam. Apa yang saya tulis diatas merupakan apa yang saya alami di row depan festival. Mungkin para penonton tribun dan VIP bisa lebih menikmati show malam itu ^^

 

Sekian, semoga jkt48 dan para fans menjadi lebih baik lagi kedepanya … terima kasih, mohon maaf jika banyak kata yang mungkin kurang berkenan di hati kalian

 

Footnotes

 

  • Meski dengan semua ketidaknyamanan yang saya alamin selama nonton, saya tetep harus mengacungin jempol buat konsep shownya. Yup gema encore yang seru mengingatkan saya pada show theater

 

  • Sound system dan ruangan stage yang oke membuat show ini sangat istimewa (bisa dilihat dari fancam-fancam yang sudah diupload) , well seharusnya

 

  • Mungkin lumayan banyak penonton festival yang mengeluh karena oknum-oknum yg saya sebutkan diatas tadi, yang saya sedikit prihatin adalah mereka tetap berdesakan meskipun saat itu ada penonton cewek, ditambah kalimat “nggak peduli mau cewek ini tepar, yang penting bisa ngeliat panggung dengan jelas” ,jeez

 

  • Dan last but not least, perform mereka semakin oke walaupun tidak terlalu melihat panggung dengan jelas karena berdesak-desakan. Tapi saya bisa melihat mereka semakin confident buat manggung di luar kota, semoga show mereka tidak lagi dikotori fans-fans yang masih kurang mendapat penyuluhan dan juga berjiwa barbarian *ciegitu

 

Jika dirasa berguna, kalian boleh share artikel ini … Jangan lupa tuliskan sumber penulis artikel, trims [Hendik]🙂

 

16 responses

  1. Saya stuju bro dengan apa yg anda tulis, shom di GOR UNY kmren emg ada yg beda, fansnya ampun deh, kita itu lg ntn jkt48 bukan panturanan bro, membernya mw ngajak interaksi fansnya was wes wos ae, katanya fans, katanya always suport jkt48, kasian kmren lihat cigul kaya ngmng sendiri gtu, ya semoga hal seperti itu tidak terulang lg dikonser jkt48 dimana pun. Nice write bro ^^

    1. iya, kemaren juga denger kinal sampe dengan putus asa bilang “diem dulu dooong semuanya, jangan pada ramai” gitu

      yah, aku pas itu di row depan keaadaanya super worst bro. padahal pas event liquid sebelumnya gak sampek kayak gini

  2. Keren broo postingannya… ternyata di festifal seburuk itu ya,, gw sendiri ditribun jadi kurang tau , jadi dri masuk sampe selese tertib, mungkin ada beberapa yang norak seperti yang disebutkan diatas, tapi gak masalah karena gak menganggu yang lain karena lumayan longgar di tribun atas sendiri bahkan kosong gw jadiin tempat istirahat sambil nunggu jkt perform…oya dibelakang festival gw liat longgar malah digunakan untuk wotagei. kebetulan rombongan gw cma 6 orang. 2 tribun, 3 fest, 1 vip B . jadi bisa saling berbagi info dan dokumentasi…gw juga kaget wktu dijogja kemaren ternyata banyak fans yg masih masih bau kencur.dan kebanyakan security ada di tribun .. next event perlu ditertibkan nih bocah2,semoga pada sadar ,,nice posting, keep suport 48 fams bro :))

    1. iya, aku liatnya di tribun ama VIP sepertinya nggak ada yang rusuh-rusuh gitu bro. yang wotagei di belakang festival juga kayaknya ya nggak terlalu banyak

      advice saya sih mestinya banyak security yang harus turun ke festival, terus oknum yang rusuh langsung diseret belakang ato gimana gitu. sampe nyuruh-nyuruh duduk itusih udah worst banget padahal seandainya kalo gak pake acara dorong-dorongan harusnya udah keliatan jelas tu panggung walau dari belakang (saya ngalamin sendiri)

  3. yah memang koreksinya cukup bagus dan mendetail.
    Tapi kenapa ya harus membawa-bawa usia, dan mengatakan “bau kencur”. Padahal menurut saya tingkat kedewasaan kan tidak dipatok dari segi usia. Kemudian, kenapa ya kok membawa-bawa ciri khas fans dari luar dan seperti agak menjelek-jelekkan ciri khas mereka? bukannya seharusnya kita sama-sama belajar dan membangun, tidak membuat batasan-batasan antar fans? Memang saya setuju dengan beberapa komentar tentang keributan-keributan waktu Member berbicara, itu memang sanggat menganggu. Tapi masalah tindakan meneriakkan bintang tamu yang lain turun itu memang tidak baik, sangat-sangat tidak baik, saya akui itu. Tapi kenapa ya kok masalah MC yang mencela Boy Band, kemudian aliran musik POP Melayau tidak di ungkit. Kata-kata MC yang vulgar juga tidak di ungkit?
    Menurut saya, yang namanya fans itu wajar jika ada yang berpikiran dewasa/kanak-kanak, mampu/tidak mampu karena itu yang membuat warna dari suatu komunitas.
    Semoga saja hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi, dan kita semua bisa saling belajar untuk saling menghormati.
    Thx.
    Keep Support Our Oshi!🙂

    1. yup, thanks udah ikutan baca dan kasih komentar

      hmmm, yang saya ditangkep kemaren adalah “ni anak-anak masih kecil (dari segi fisik tentunya) terus pemikiranya juga masih kayak anak kecil juga sangat susah diatur” jadi apa nggak pantes tuh disebut bau kencur?🙂

      bukanya mau menjelek-jelekan identitas fans jkt48 sendiri, tapi ya gitu kan … nggak semua orang bisa “biasa saja” kalo lagi disamping orang yang bawa-bawa foto gadis belia sebagai kalung dsb. well kalo emang itu cara dia dukung saya bisa terima, cuman jalan pemikiran buat “dukung” idol agak berbeda dengan pemikiran saya sih. cuma positif aja biar jangan sampai mengarah ke fanatisme yang berlebihan. sebab pihak yang mengamati nggak cuma idol ama fansnya. tapi juga non fans kalo menurutku sih

      bukan juga jelek-jelekin fans luar kota gitu. tapi ya alangkah baiknya kalo yang “berfikiran dewasa” bisa sedikit ngasih briefing/sedikit pengarahan buat yang masih “berfikiran kanak-kanak” . sebab gimana nggak gimana juga dengan kelakuan barbar dan kekanak-kanakan gitu bakal ganggu orang lain, nggak cuma yang non fans tapi juga fans jkt48 itu sendiri

      balik lagi semua butuh proses, nah semoga dengan keadaan yang udah terjadi seperti postingan diatas semoga bisa jadi bahan pertimbangan buat ngilangin hal-hal yang buruk pada next event

  4. Wah keren infonya bro. Kemaren-kemaren gw mau ngajuin JKT48 buat jadi main star di pensi jurusan kampus gw dengan pertimbangan income besar dari para wotagei berbagai daerah, tapi kalo ngeliat kayak gini sih berfikir dua kali untuk masalah keamanan, soalnya pengennya pensi jurusan kampus gw tuh tertib gitu, at least kalau perform musisinya bagus, the audience just give them applause plus teriakan-teriakan pujian, bukan teriakan-teriakan ga jelas. Makasih infonya bro!😀

    1. sama-sama bro, senang bisa saling berbagi informasi mudah-mudahan kalo ntar eventnya masbro jadi, bisa paling nggak menghindari kerusuhan kayak kemaren lah🙂

  5. memang tidak nyaman, dari awal sudah enak-enak duduk. tapi salah satu band malah nyuruh berdiri. kalau menurut agan, itu bukan ya yang jadi sumber masalah pertama
    (untung gak jadi ngajakin anak-bini) -__-

    dari salatiga sendiri ada 46 orang. (yang ikut bis) ditambah sekitar 5 orang (yang naik mobil pribadi) ini memang bukan live-show pertama saya. tapi memang sebagian besar fans salatiga baru pertama ini. yang awalnya duduk rapi gara-gara berdiri jadi kepecah. saya kesusahan untuk pantau satu persatu. saya akuin kemaren ada 1-2 fans salatiga yang teriak-teriak kurang mengenakkan. akan tetapi untuk masalah senggol-senggolan dan sampah, saya berani jamin kita tertib. sebagian besar malah memilih untuk mundur. dan itu atas inisiatif mereka sendiri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    atas nama fans salatiga saya mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada fans dari daerah laen yang kurang berkenan dengan keberada’an kami dalam acara live-show di UNY kemaren.

    kalau menurut saya pribadi, susah nyari faktor nyaman lewat event live-show (menilik pengalaman di event solo juga). lewat event live-show, yang penting energi kita tersampaikan kepada oshi kita masing-masing itu saja sudah cukup. kalau melihat bagian ini, saya rasa event UNY kemaren cukup sukses. tapi ya itu tadi, faktor nyaman saat nonton idol group kesayangan kita yang paling ultimate ya datang ke theater. akan tetapi itu menurut pandangan pribadi saya. saya mohon maaf bila ini tidak berkenan di hati agan. sekali lagi saya secara pribadi dan atas nama fans salatiga mohon maaf bila ada tindakan dari kami yang kurang berkenan. semoga event-event kedepannya bisa lebih baik.

    1. wah salam buat fans rombongan dari salatiga bro🙂

      hmmm, yang saya liat kemaren sih aslinya walaupun berdiri juga kalau tidak melakukan aksi dorong-dorongan pun dari belakang atau tengah bakal tetep keliatan jelas ke arah panggung kok

      sebab kemaren dari info teman yang ada di row depan, kalo yang depan sendiri duduk malah hanya keliatan panggungnya doang (performernya nggak keliatan)

      masalah nyaman atau tidak sih saya setuju banget kalo mau rapi-rapian ato nyaman tanpa keringat mending datang ke theater daripada ngelive. saya juga sadar banyak yang mungkin belum pernah ngelive/theater sebelumnya terus ya (maaf) agak norak dikit pas ngelive.

      yang saya harapin kalo udah kayak gini mereka bisa tau dan kalo pas nonton lagi bisa lebih tertib, cuma saling berbagi informasi saja ke fans yang lain bro🙂

      soal kepuasan/tidak dalam event kemaren saya sih cukup-cukupan aja, yang penting ngelive rame-rame ama teman yang belom pernah ketemu ama liatin oshi aja udah jadi kebahagiaan kecil buat saya dan mungkin juga buat penonton yang merasa nggak nyaman kemaren hahaha

      anyway, thanks udah ikutan komentar ^^

  6. Saya yang berdiri didepan panggung juga merasa jengkel,banyak fans waktu artis lain yang sedang tampil malah dihina,dan waktu jkt48 tampil malah ndorong fans yang didepan,apalagi waktu disuruh duduk lha kami yang didepan masa cuma lihat panggung &pager nggak bisa lihat member -_-

    1. iya bro, temenku yg di depan juga kayak gitu, mau duduk malah gak keliatan atas panggung … malah aku dari belakang liat ada penonton rusuh yang mukul kepala penonton depan yang berdiri terus dia ngacir kebelakang

  7. Yang posting ini emang super keren . Itu lah bro., mayoritas zombie anak muda sekarang. Kalo nggak kesadaran sendiri atau di hukum tegas ya susah sadarnya! Yang penting cukup support oshi kita walau tanpa HT atau HS , Gk perlu teriak2, dsb. Itu jauh lebih keren🙂

    1. semua orang punya cara masing-masing sih buat kasih apa itu yang namanya “dukungan” ,mungkin saya termasuk yang biasa-biasa aja tanpa pake atribut lengkap dsb … lagian orang tanpa atribut 48 juga kan nggak ada larangan buat ikut chant dan riang melihat idola mereka di panggung ^^

  8. (ralat) setuju bro, bahkan ane kepikiran buat ngajuin team keamanan dilihat dr kemarin waktu di swaragama sampe di gor itu itungannya kurang tertib, dan setahu saya yg ditugaskan menetirbkan keamanan itu kinerjanya kurang bagus dan di protes banyak orang, nah makanya itu next event jogja ane sm team ane mau nyoba ngajuin bantuan keamanan buat ngegantiin kinerja yg diprotes orang lain dan InsyaAllah kami lebih baik dari segi ketegasan dan pengalaman. diperkirakan team kami 12 orang, dan notabene orang jogja asli dan bermuka sangar” kecuali saya hehehe

    1. sip masbro, kabar-kabar ya kalo mau ngundang jeketi, saya pasti datang hahaha ^^

Leave a Reply

