[Journal] Mengarungi Samudera Nusantara, Mengetuk Pintu Hatimu

The Story

hari sabtu saya dimulai dengan bangun jam 11 pagi. kesiangan well, karena hari jum’at malam saya main dota sampe jam 5 pagi baru pulang ke rumah. sabtu malem konser dan jum’at malemnya nge gim sampe mata merah? bodo amat, i’m pro

kali ini saya posisinya di bonero (bojonegoro) dan ada dua alasan kenapa saya membeli tiket padahal pada ujungnya saya cuma nonton berdua ama pisau imaji

  1. EO yang sekarang yaitu EmCreaPro, dia pernah bikin MnG stella di malang. dan sukses, patutlah dikasih kesempatan untuk sebuah konser. dan sampe mendekati hari H ternyata mereka menepati janji untuk mendatangkan all member
  2. ternyata tanggal 14-15 ada promo diskon 50k untuk tiket semua kelas, lumayan beli seminggu sebelum konser dapet harga pre-sale

dan apesnya dari jam sebelas sampe jam dua siang kagak ada yang ngater ke terminal bojonegoro. harapan satu-satunya adalah temen saya trainkoko yang ternyata lagi sibuk yang-yang’an. akhirnya setelah semua kepanikan di dalam rumah (alias saya gelimbang-gelimbung di kasur) trainkoko pun tiba. final time keberangkatan saya dari bojonegoro menuju surabaya adalah setengah 3 sore

tiba-tiba pisau imaji memberi kabar kalau penukaran tiket cuma sampai jam 4 sore, saat itu sudah jam 4 lebih 15 dan saya baru sampai kota lamongan. okay, this looks bad

dan ternyata bus yang saya naiki nggak lewat jalur biasanya. karena menghindari titik macet katanya. otomatis perjalanan yang biasa 2 jam lebih dikit akhirnya ikutan molor. sekitar setengah 6 sore saya akhirnya sampai di surabaya. langsung dijemput pisau imaji dan ngacir ke venue (mall grand city). sekitar jam 6 kami sampai dan ke booth tiket, ternyata udah pada diberesin. secara luck level 99 ternyata kita masih bisa nukerin tiket. entah kalo telat 5 menit aja gimana itu nuker tiketnya soalnya stand ticket udah pada diberesin dan udah open gate.

tapi selow, cuci muka dulu di restroom ngilangin bau bus… baru balik ke antrian

antrean

ngantri-ngantri (tenang masalah review keseluruhan konser bakal saya tulis di akhir postingan ini) dan akhirnya saya masuk ke venue. di detik-detik kageana (si mal mel, tumben biasanya si nabilah) dan overture yang menegangkan. maka gadis-gadis remaja memakai baju warna-warni dengan polkadot putihpun muncul, dalam hati saya sudah bergumam “anjrit, mayan nih kalo BINGO! dibawain” (dimana ternyata enggak). lagu pertama manatsu yang syahdu seperti biasanya, dilanjut kimisuki dimana gen 2 bermunculan, dan pada akhirnya lagu ketiga aitakatta gen 3 juga masuk ke panggung. oiya anyway venue cukup lebar dan point of view saya kategori SILVER pas di middle

venue

yang seru sesi MC pertama (sebenernya saat lagu kelar saya celingak-celinguk dulu keberadaan oshi. setelah tau kalo doi pake kostum bingo orange baru tenang nonton yang lain) karena naomi ngenalin anggota baru team K3 yaitu mb chikano rina. sedikit mengingatkan saya pas pertama haruka-akicha ke cikiti. logat yang glogat-glagut dan sedikit awkward dengan perubahan atmosfir konser di indonesia. well mb, beri warna baru buat K3. semoga betah dan bersinar disini. next lagu ke 4 yaitu bird dimana akhirnya mengembalikan jalan pikiran saya kalo sang oshi emang plus masalah dance. doi disini gak kalah ama beby dan melody, dan memang cocok banget buat unit song ini (setelah sebelumnya agak gimana gitu dikasi unit song lucu-lucu di RKJ) oke kinal, jadi tak ada alasan untuk berpaling ke yang lain.

selanjutnya dilanjut unit song himawari dengan posisi member seperti suasana konser perkenalkan nama kami JKT48 dimana member berada di pojok kiri panggung. yang menarik disini adalah masuknya rachel ke formasi himawari. setelah himawari kelar dari tengah panggung munculah 3 gadis berpiama, yup pajama drive. Lagu ini adalah salah satu a moment to remember di konser ini dimana formasinya adalah gen satu dua tiga (elaine, shanju, rona) dengan center si elaine… ya si elaine. elaine yang sudah mendapat reputasi yg cukup besar dari para fans, akhirnya aku melihat perform dia di atas panggung. she’s dancing like angel, bener-bener pajama drive saat itu dikuasai olehnya. mungil, energic, memakai piyama bercelana pendek dan sepatu sneakers… mana bisa saya menahan semua itu?

lalu setelah itu di sudut kanan panggung keluarlah malaikat berekor yang membawa seikat balon. yak sama dengan pajama drive formasi kali ini adalah campuran all gen (nabilah, nadila dan angel [?]) belum selesai tempo ke-kawaiian dari lagu ekor malaikat selanjutnya para penonton langsung dihentak oleh Ame no Doubutsuen (kebun binatang di kala hujan[?]) disini saya terfokus pada si gajah dan pinguin biru yang supersupersuper lucu. apalagi sesi MC 02 mereka masih pake kostum hewan. si hanna dengan kalem berbicara bahasa jawa berkostum pinguin. pinguin jowo… coba cari yang lebih lucu dari itu bro

nah selanjutnya lagu-lagu kloter 3 ini diawali dengan Seifuku ga Jama wo suru yang bikin dada meletus dan dengkul lemas. lagi-lagi di lagu ini saya fokus ke oshi, men… dia sepertinya sangat enjoy di konser ini, penampilanya bagus banget. ada sedikit rasa bangga di hati. dilanjut lagu virgin love lalu Suifu wa Arashi ni Yume wo Miru “ubahlah baday yg datang menjadi kekuatan” dari gen 3 tim merah. ELAINE LAGI MEN PUSAT PESONA DI LAGU INI PLEASE STAAPH

mood berubah seketika ketika JKT sanjou dibawakan oleh team J. dengan scene melody mengawali lagu yang sangat elegan, i missed RkJ already. setelah itu K3 tidak mau kalah dari adik dan kakak kelasnya, mereka menghentak penonton dengan OLE!. dan penampilan kloter ketiga ditutup dengan two years later team putih dengan center andela yuwono. satu lagi penampilan yang sangat indah oleh gen 3… andela berhasil mengangkat ritme team-nya sehingga lagu ini menjadi syahdu. sesi MC 03 yang dibawakan oleh andela cs… ha ha ha akhirnya saya bisa mendengar medoknya si andela secara langsung, i’ts so fun ^^

kloter 4 bisa dibilang adalah lagu-lagu yang paling berbahaya di konser ini, bagaimana tidak? di kloter ini mereka memainkan lagu-lagu di single terbaru mereka. diawali gingham check dilanjut inazuma. saat inazuma dimainkan, i was like “anjiiiiing inazuma njiiiing” (perlu kalian ketahui saya baru sempet dengerin lagunya hari itu juga pas perjalanan di bus ama pas ngantre) dikarenakan foto-foto yang leak berupa NYAOMI SANG CAHAYA dan dhike ngepel lantai dengan posisi super sensual. dan ternyata bener kan… saya cuma bisa aduh biyang aduh biyung di lagu inazuma klimaksnya ya pas naomi ama dhike ngepel lantai. siapa coba yang mau tanggung jawab?

seusai inazuma langsung digeber ama “hubungan antara kau dan aku” ini syahdu sekali karena sekitar semingguan yang lalu saya dan temen-temen ben mengcover lagu ini secara akustik untuk manggung di sebuah acara. dalem bener bro lagu ini, baik nyanyiin atau mendengar akan terbawa syahdunya gejolak rasa cinta. lalu dua “nabi-rosul” (no hard feelings, kaum theist) jkt48 bergabung dengan member lainya pada lagu “aku akan berjuang”. ditutup dengan sebuah lagu syahdu berjudul Kondo Koso Ecstasy… MEN MEREKA NGEPEL LANTAI LAGI MEN DI LAGU INI, CUKUUUP

yak dilanjut penampilan lagu-lagu di kloter 5… diawali dengan RIVER oleh team J dan karena ini lagunya kinal banget jadi saya otomatis terfokus ke si doi. setelah river yang sukses membakar penonton team K3 tidak mau kalah membakar stage dengan Korogaru ishi ni nare (ini salah satu lagu yang pengen saya lihat di konser ini) ketika suasana membara ini diredam oleh andela cs yang tanpa diduga membawakan Ponytail to Shushu, iya PONYTAIL dimana setahu saya gen 2 aja ga se ekslusif ini membawakan ini lagu lawas jeketi. sukses bikin saya ngechant sampe tenggorokan kering. dilanjut para ciwi-ciwi lucu bermotif pink yang membawakan malu-malu lolipop… disini beby sebagai “dancing machine” membuktikan kalau seperti apapun lagu yang dia bawakan, skill dance-nya tetap mampu menyorot perhatian lucu syahdu energic part 2. semua keceriaan lagu kloter lima diakhiri dengan flying get, first rabbit all member yang dilanjut Sakura no Hanabiratachi all member (dimana saya ngarepnya lagu sebelum encore ano koro sneakers, tapi gpp lah lumayan langka lagu single baru dibawain semua)

sebuah encore persembahan kota surabaya yang jadi hometownya para pasukan hijau alias bonek

lautan LS hijau saat encore

lagu setelah encore pertama adalah JKT festival which is katanya adalah soundtrack resmi buat tour mereka ini dilanjut Shoujoutachi Yo (forget about the movie) dan fortune cookies oleh all member. syahdu 3 macam kaos membaur dalam satu panggung, saya terbawa suasana ngidol yg menyenangkan banget melihat mereka semua. pada akhirnya bakal ada pajama revival alias mending liat show gen 3 pajama yg saya belum pernah nonton dan konser inipun diakhiri dengan heavy rotation.

verdict about this concert

konser ini nilainya 9 dengan pertimbangan:

  1. EO tau bahwa penonton sangat banyak sementara venue di lantai 3 sebuah mall. jadi antrean di ularkan di halaman mall dengan sangat bagus sampai ketika udah masuk mall pun tidak sampai berdesakan. good job
  2. space diantara PLATINUM sebelah belakang dan pagar paling depan kelas SILVER tertata dengan epik, tidak ada ruang terbuang sia-sia dan yang berdiri bisa menikmati dengan nyaman tanpa desak-desakan. serta venue konser yang perfectly fit buat semua kelas.
  3. panggung yang oke beserta lightning yang mendukung, di lagu bird saya sempat melihat lampu-lampu berupa motif bulu burung, super cool
  4. no fancam! ketika kamu mengeluarkan handphone dan mulai merekam maka security di bagian belakang akan me-laser handphonemu. emang enak udah jarak cukup jauh kok masih merekam pake BB gemini kamera 2Mp?! itu mengganggu mbut… just enjoy the show kan lebih baik
  5. lagu-lagu yang dibawakan super syahdu buooos. konser dengan lagu paling syahdu yang pernah saya datangi. member juga memberi feedback yang bagus dengan penampilan all-out

dengan pertimbangan beberapa yang perlu dikoreksi (namun sangat bisa dimaklumi) seperti kondisi wota yang masih aja teriak-teriak gak jelas agar kelas SILVER pada duduk… (mungkin mereka wayang-holic) dan juga sound yang agak kemeresek. tapi masalah sound yang penting musik dan intonasi mereka jelas terdengar. moga kedepan bisa diperbaiki lebih bagus lagi

sekian tulisan saya, sampai jumpa lagi di jurnal-jurnal pengalaman yang lain. jujur saya enjoy banget dengan konser ini. terima kasih buat para member, EO dan juga para fans yang berusaha terbaik agar saling menguntungkan satu sama lain…

adios! [hendik]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: