Membiarkan Orang Lain Bahagia Itu Sulit

Menyenangkan.

Itulah hal pertama yang didapatkan oleh si Piyik ketika dia menemukan sebuah kesenangan baru, yang tidak semua teman di sekitarnya bisa ikut merasakan kesenangan itu. Soul Reading, sebuah kegiatan di mana kita bisa seolah memasukkan jiwa kita ke dalam buku yang kita baca, membuat kita turut andil dalam tulisan yang kita baca sebagai salah satu tokohnya. Bukan hal yang baru lagi, namun untuk seseorang dengan daya imajinatif yang tinggi, turut andil dalam sebuah kisah adalah hal yang sangat menyenangkan.

Tentu saja Piyik sadar, tidak semua temannya memiliki daya imajinatif berlebihan seperti dirinya. Akhirnya ada satu hal yang dia bisa tonjolkan dibanding teman sepermainannya. Karena kalian tahu kenapa? Sudah alamiah kalau manusia selalu ingin menonjolkan sesuatu yang dia punya namun tidak dimiliki oleh orang lain.

Piyik mulai menikmati kegiatan soul reading. Dimulai dari kisah yang paling populer di kalangan penikmat soul reading saat ini, kisah bajak laut melawan marinir beserta makhluk lautan demi mencari harta karun paling berharga. Ribuan orang telah berpartisipasi di kisah ini, tak terkecuali si Piyik yang juga turut larut dalam dunia bajak laut beserta kegiatan soul reading.

Waktu berselang, Piyik semakin dalam menekuni soul reading. Berbagai tema populer lain seperti penyihir, perang robot, pahlawan super telah dia cicip satu per satu. Di kalangan teman sepermainannya, si Piyik sudah menyandang gelar sebagai Soul Reader atau seseorang yang hobby di bidang soul reading. Dalam grup obrolan teman sepermainan, Piyik menamai usernamenya dengan soulreader_bgt alias soul reader banget. Dan dia cukup bangga akan pencapaiannya menjadi makhluk yang berbeda dibanding teman-teman sepermainannya. Dia dapat panggung, dia dapat sebutan, dan dia cukup mendapat rasa hormat dari teman sebayanya karena di lingkungannya masih sulit untuk mencari orang yang paham dan menyukai kegiatan soul reading.

Piyik tidak serta merta puas dengan pencapaiannya. Tidak tuntas rasanya kalau hanya mendominasi teman-teman sepermainan yang tidak akan paham duniannya saat ini. Dari grup obrolan dia mulai menjelajahi channel obrolan seputar soul reading, hingga tanpa sengaja dia masuk ke salah satu channel.

*soulreader_bgt telah masuk*

mashurambo: iya, emg seru nge-soul reading karyanya omar304.

bamba: kemarin aku nyobain soul reading judul dia yang roleplay menjadi kecebong.

strawberry77: eh lihat itu, siapa yang baru masuk.

bamba: waow.

mashurambo: waduh, ada “soul reader” nih.

soulreader_bgt: halo semua!

mashurambo: iya, halo juga.

strawberry77: situ soulreader banget ya?

soulreader_bgt: hehehe.

Piyik tersenyum memandangi layar grup obrolan channel di depannya, tidak menyadari arah pembicaraan ini.

mashurambo: udah “baca” apa aja emang? Share ke kita dong.

soulreader_bgt: belum banyak bro, terakhir baru coba namatin perang antariksa karya Lukas66.

bamba: waow.

mashurambo: selera yang di luar rata-rata sekali. Pasti kamu juga baca kisah pahlawan super, bajak laut, balapan modern, perang robot, serta penyihir?

strawberry77: hahaha.

soulreader_bgt: iya, aku suka sekali kisah-kisah itu.

mashurambo: bro, selera kamu basic sekali. Kalau kamu menamai dirimu soul reader banget apa udah pernah coba baca karya ZAPOTEK, reins, paror, atau nagisa123?

soulreader_bgt: belum tuh bro, kayaknya bagus ya?

mashurambo: hadeeeh, gimana sih katanya kamu “soul reader banget”.

strawberry77: dasar basic, udah ngerasa sok keren ya baca buku-buku soul reader yang populer?

soulreader_bgt: enggak merasa sok keren kok.

mashurambo: pasti teman-teman dia pada gak ada yang suka soul reading dan dia doang yang suak, bener sih kalau dia soul reader banget… di daerahnya sendiri tapi HAHAHA.

strawberry77: lol

bamba: izin ikut ketawa.

*soulreader_bgt telah keluar*

bamba: waow.

mashurambo: yah, ngacir dia.

Jemari Piyik membeku di atas keyboard, tatapan matanya kosong memandangi layar channel obrolan grup. Marah, geram, dan malu menyelimuti pikirannya.

Agak lama kemudian Piyik memutuskan menuju kolom profil dan mengganti username grup obrolan miliknya. Tidak hanya itu, dia juga menghapus program soul reading yang dia miliki.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: